Advertisement

banner image
banner image

OpenOffice 3 Lebih Baik, Lebih Mantap

Versi terbaru dari paket aplikasi perkantoran gratis OpenOffice dari Sun Microsystems telah keluar hari ini (14/10/2008). Versi terbaru ini (Open Office 3) menurut para pakar tekonologi informasi jauh lebih baik dari versi-versi sebelumnya, dan jauh lebih cepat. OpenOffice adalah paket aplikasi perkantoran yang memiliki kemampuan dan fungsi yang hampir sama dengan Microsoft Office.
Barangkali yang paling penting diketahui pembaca ialah ‘perbedaan penting’ OpenOffice dengan Microsoft Office. ‘Perbedaan penting’ tersebut adalah: harga. Microsoft Office adalah paket yang tidak gratis, dan karenanya tidak semua orang bisa memilikinya secara legal.


OpenOffice, di pihak lain, adalah paket gratis, artinya: untuk memilikinya secara sah, Anda tak perlu membeli. Untuk memilikinya, tentu saja Anda perlu mengunduh (download) dari situs penyedia, atau mendapatkannya dari teman yang telah memilikinya.
***
Kompatibilitas dengan Microsoft Office
Karena Microsoft Office merupakan paket dengan penyebaran yang sangat meluas, maka calon pengguna OpenOffice akan menghadapi masalah ‘kompatibilitas’ paket ini dengan Microsoft Office. Hal itu disebabkankarena seseorang hampir pasti tidak bisa ‘mengisolasi’ dokumen yang dibuatnya untuk dirinya sendiri; ia hampir pasti akan ‘mempertukarkan’ dokumennya dengan pihak lain lewat komputer lain, atau mengirim dokumennya kepada pihak lain yang belum tentu menggunakan OpenOffice. Dalam keadaan seperti itu, kompatibilitas memang menjadi masalah yang harus dipertimbangkan.
Kompatibilitas tidak menjadi masalah untuk dokumen-dokumen yang ’sederhana’, dokumen yang tidak mengandung gambar-gambar atau grafik, atau font-font khusus. Apabila sebuah dokumen memiliki hal-hal itu, maka perlu persiapan khusus.
Untungnya, dokumen yang dibuat dengan OpenOffice 3.0 bisa disimpan dalam format yang dikenal oleh Microsoft Office. Hal ini bisa dilakukan lewat perintah “Filse Save As …” seperti yang terdapat pada paket Microsoft Office.
OpenOffice memiliki komponen berikut: Writer (untuk mengolah kata), Calc (spreadsheet), Impress (untuk membuat presentasi), Base (database), Draw (untuk membuat grafik), dam Math (untuk perhitungan matematis).
OpenOffice dapat didownload di situs openoffice.org tetapi sebaiknya ditunggu selama beberapa hari lagi karena peminat sangat banyak. Kalau tidak sabar juga, proses download akan memakan waktu lama. (Catatan: Ukuran file OpenOffice sekitar 145 MB).
Bagi yang berminat mencoba paket ini, silahkan membaca informasi berikut.
1. Microsoft Office vs. OpenOffice.org - Idealware does a head-to-head comparison of the two office suites.
2. Sharing files between OpenOffice.org and Microsoft Office - oleh Bruce Byfield.





OpenOffice 3 Lebih Baik, Lebih Mantap OpenOffice 3 Lebih Baik, Lebih Mantap Reviewed by doelkenyoet on 02.46 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.